Sarana transportasi penyeberangan antar kelurahan mendawai dan mendawai seberang

Di-Pangkalan Bun yang bertepatan di kabupaten Kotawaringin Barat terbentang dengan luas dan panjang sebuah sungai yang dinamakan sungai ARUT. Dimana diantara seberang ke seberang terdapat sebuah desa yang dimanakan Mendawai dan Mendawai seberang.

Pastinya tidak asing lagi ditelinga anda kalau sudah ada sungai dan memiliki desa yang saling beseberangan ini.
Coba anda pikirkan, alat transportasi apakah yang sering mereka gunakan untuk menyeberangi sungai itu?
Nah ngomong-ngomong masalah alat transportasi nih, saya berbagi sedikit informasi tentang alat ataupun sarana transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat desa tersebut.
begini ceritanya ~

Getek adalah  salah satu sarana/alat transportasi sejenis perahu tetapi tidak sama persis dengan perahu, karena getek memiliki mesin penggeraknya dan bentuknya pun sangat beragam. Yang biasa digunakan masyarakat dan Siswa SMPN 4 ARSEL untuk penyeberangan antar kelurahan ini.

Selain masyarakat sekitar dan siswa SMPN 4 ARSEL, sering pula dijumpai wisatawan asing yang menggunakan getek untuk jalan-jalan ataupun sekedar mencoba menaiki getek.

Sebagian orang berpendapat, kalau getek adalah sarana transportasi penyeberangan yang menakutkan karena bila kita terpeleset atau orang yang menaikinya takut tercebur ke sungai.Tapi bila orang yg berhati-hati tidak akan mungkin tercebur.

Dan menurut pendapat saya sendiri (Siswa SMPN 4 ARSEL) bagi orang yang belum terbiasa memang terasa sangat menakutkan, tetapi bila orang yang sudah terbiasa, bukan hal yang menakutkan, bahkan sudah menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan kok. Karena menurut saya berwisata menggunakan getek wisata itu membuat hati saya yg sebelumnya tidak tenang, bisa menjadi tenang atau hanya sekedar keliling mengarungi sungai arut dan sambil menikmati pemandangan dipinggir sungai dan juga menikmati angin sepoy-sepoy diatas getek wisata, pokoknya terasa seperti dihawai lah hihihi J.

Apakah anda berani mencoba?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s